Tesis

Peran Dosis Bmp-2 Terhadap Penyembuhan Fraktur Dengan Defek Tulang Luas Pada Rattus Novergicus Strain Sprague Dawley = Bmp-2 Dosage On Fracture Healing With Large Bone Defect In Rattus Novergicus Strain Sprague Dawley.

Pendahuluan. Kesulitan dalam tatalaksana defek tulang yang luas merupakan salah satu tantangan dewasa ini. Selain tatalaksananya yang kompleks juga dapat memberikan dampak jangka panjang negatif yang berat. Penggunaan BMP-2 dalam tatalaksana fraktur dengan defek tulang yang luas memegang peranan penting. BMP-2 berperan pada proses osteogenesis dan chondrogenesis dan menghambat osteoclastogenesis melalui RANKL signaling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari perbedaan dosis BMP-2 terhadap penyembuhan fraktur dengan defek tulang yang luas. Metode. Penelitian dilakukan di Laboratorium Animal Gizi di FKUI dan Laboratorium Patologi Anatomi FKUI-RSCM, pada bulan Juli hingga September 2015. Desain penelitian adalah randomized post test control group. Sejumlah 25 ekor tikus putih Sprague Dawley dengan usia 3-4 bulan dan berat badan antara 250 – 350 gram, dibagi secara acak menjadi kelompok kontrol hidroksiapatit (HA) saja dan kelompok kombinasi HA + BMP-2 1 μg/ml, HA + BMP-2 5 μg/ml, HA + BMP-2 10 μg/ml, HA + BMP-2 20 µg/ml. Tiap kelompok dilakukan tindakan berupa frakturisasi dengan defek tulang 10mm pada femur kanan dan dilakukan fiksasi interna dengan menggunakan intramedullary k-wire ukuran 1,4 mm secara retrograd. Setelah 6 minggu dilakukan penilaian secara histomorfometri, radiologis dan Scanning Electron Microscope (SEM). Hasil. Berdasarkan hasil penelitian secara histomorfometri ditemukan terdapat perbedaan rerata total area kalus yang bermakna diantara kelompok penelitian (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Othdeh Samuel Halomoan Siahaan - Nama Orang
Achmad Fauzi Kamal - Nama Orang

No. Panggil
T 15 492 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Bedah Orthopaedi dan Traumatologi.,
Deskripsi Fisik
xiv, 71 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15492FKT15492FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Peran Dosis Bmp-2 Terhadap Penyembuhan Fraktur Dengan Defek Tulang Luas Pada Rattus Novergicus Strain Sprague Dawley = Bmp-2 Dosage On Fracture Healing With Large Bone Defect In Rattus Novergicus Strain Sprague Dawley.

Related Collection